Rabu, 23 Juli 2014

Makam syekh ibrahim sitontong,somalangu,sumberadi.kebumen yang terlupakan


assalamualaikum wr.wb.
 kali ini saya akan berbagi cerita ringkas tentang makam syekh ibrahim(mbah sitontong),somalangu,sumberadi,kebumen.

sosok syekh ibrahim(mbah sitontong),yang masih belum terungkap sampai sekarang,masih menjadi tanda tanya???
nama beliau juga masih asing bagi masyarakat somalangu,yang tidak tahu,dan hanya sebagian warga di wilayah bagian tengah somalangu yang tidak asing lagi,tapi masih belum ada kejelasan riwayat beliau.
hanya dari cerita mulut ke mulut yang sering di perbincangkan para sesepuh sekitar somalangu.
  menurut cerita ada yang berpendapat beliau sezaman dengan syekh abdul kahfi al hasani somalangu,tapi    ada juga yang berpendapat beliau hidup di zaman belanda,yang menentang penjajah belanda di somalangu.
   sejauh ini tempat pemakaman beliau sudah di buat cungkup yang sangat sederhana dan payon untuk peziarah,karna sebelumnya lokasi makam hanya di beri tanda batu saja,dan tertutup pepohonan yang lebat,di dalam hutan belantara.
  di lokasi makam ada 3makam yang di ketahui,yaitu: makam syekh ibrahim,istri syekh ibrahim,dan konon ada seekor kuda beliau yang ikut di kubur di dekat pohon serut.
  lokasi makam beliau di sebelah timur jalan tengah somalangu,lewat gang bersetapak ke timur dan d nanti ada dua makam yang bercungkup sederhana,di situlah makam beliau.
  konon lokasi makam beliau dijaga berbagai makhluk halus,ada yang sedang bertapa,macam macam khodam,dan masih banyak lagi yang belum di ketahui,khususnya daerah sitontong.
  menurut cerita setiap warga yang tidak sopan dan tanpa aturan lewat jalan sekitar makam akan di hadang sosok tingi besar penungu sitontong.dan jarang ada warga yang lewat jalan itu,ada juga yang pernah melihat ular berkepala 2
,dan masih banyak lagi hal aneh lainya.setiap menjelang bulan sya'ban,dan ramadhan di adakan kegiatan ziarah bersama oleh bapak bapak anggota yasinan,dan warga.
  dan biasanya di pimpin oleh simbah K.R.MUTAMIM MUIS ALKAF,beliau keturunan syekh abdul kahfi al hasani somalangu,atau putra dari mbah kyai ragil somalangu anak syekh abdul kahfi ats tsani yang terakhir.
  
cukup sekian dari saya,dan tunggu posting terbaru dari saya.
wabilahitofik wal hidayah wassalamualaikum wr.wb
 

Tidak ada komentar: